Contoh Proposal Aplikasi Wisata Berbasis Android dan iOS

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan contoh proposal penelitian.
Proposal berikut ini bersifat fiktif namun bisa diimplementasikan secara nyata dengan menambahkan elemen-elemen tertentu.


aplikasi Navigasi wisata indonesia berbasis android dan ios

BAB I
Pendahuluan

1.1. latar belakang masalah
Kekayaan alam Indonesia sangat banyak, tapi tak banyak yang mengetahui tempat – tempat yang tak kalah populer dengan objek wisata yang sangat populer seperti Pantai Gondo Mayit, Pantai Jonggring Saloko, dll.
Perkembangan teknologi informasi sangat cepat seiring dengan kebutuhan akan informasi dan pertumbuhan tingkat kecerdasan manusia. Saat ini telah banyak sistem informasi yang digunakan untuk menunjang dan menyelesaikan suatu permasalahan yang biasanya timbul dalam suatu organisasi, perusahaan atau instansi pemerintahan.
Sistem informasi diharapkan dapat meningkatkan kinerja dari suatu organisasi ataupun instansi agar lebih efektif dan efisien serta mudah dalam penerimaan informasi yang ingin disampaikan. Begitu juga dalam bidang Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographic Information System (GIS) yaitu teknologi yang menjadi alat bantu dan sangat esensial untuk menyimpan, memanipulasi, menganalisis, dan menampilkan kembali kondisikondisi alam dengan bantuan data atribut dan keruangan.
Android dan iOS adalah sistem operasi pada smartphone dan juga pc tablet. Android merupakan hasil karya google sedangkan iOS hasil karya Apple. Sistem operasi yang sudah terintegrasi dengan Google Search, Google Mail, Google Maps dan juga Google Docs. Integrasi teknologi mobile GPS memungkinkan dikembangan aplikasi mobile SIG yang interaktif. Dukungan prosessor yang canggih serta kapasitas memori yang besar akan menjadikan smartphone menjadi handal. Smartphone yang telah tersedia aplikasi SIG berbasis Android akan menjadikan gadget yang wajib para wisatawan miliki.

1.2. INDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka permasalahan yang akan dibahas/diteliti dalam SKRIPSI ini dirumuskan sebagai berikut: 
a.    Bagaimana merancang aplikasi informasi lokasi wisata di di Indonesia Berbasis berbasis Android dan iOS
b.    Bagaimana memanfaatkan Google API khususnya Maps API untuk penentuan lokasi dan rute lokasi wisata di Indonesia
c.    Bagaimana merancang aplikasi Android dan iOS agar pengguna dapat mencari jalur wisata indonesia yang diinginkan

1.3. BATASAN PERMASALAHAN
Adapun batasan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut:
a.    Aplikasi Android dan iOS tentang informasi lokasi Wisata di Indonesia.
b.    Aplikasi ini memanfaatkan Maps Api dari Google yang digunakan untuk penentuan wisata dan rute dari posisi user menuju lokasi.
c.    Aplikasi dibangun dengan bahasa pemrograman Java untuk Android dan Objective-C untuk iOS.

1.4. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian dalam latar belakang, maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut :
a.    Bagaimana mengumpulkan berbagai informasi tentang objek wisata di seluruh Indonesia?
b.    Bagaimana merancang aplikasi tersebut?
c.    Bagaimana mengelola aplikasi terseut agar tetap terupdate sehingga pengguna mendapatkan informasi tentang objek wisata yang tersebar di seluruh Indonesia?

1.5. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi lokasi wisata berbasis Web GIS di Indonesia yang dapat digunakan oleh  pihak lembaga maupun masyarakat untuk mendukung pengembangan wisata di Indonesia.

1.6. Kegunaan Penelitian
Dengan melakukan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat antara lain:
a.    Sebagai penambah wawasan dan meningkatkan kemampuan pengguna, khususnya dalam bidang pemrograman dan aplikasi berbasis opensource.
b.    Mempermudah Masyarakat Umum memperoleh informasi Lokasi Wisata di Indonesia meliputi peta lokasi, deskripsi, foto galeri obyek serta kontak (Telepon rumah, telepon genggam, Email) di Indonesia.
c.    Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk menuju ke lokasi wisata melalui peta dan rute terdekat.
d.    Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk memilih jenis wisata (pantai,pegunungan,dll) dan lokasi pada tempat yang direkomendasikan yang ditawarkan.

BAB II
LANDASAN TEORI
2.1. PENGERTIAN
2.1.1 APLIKASI
Perangkat lunak aplikasi yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk
membantu pemakai komputer untuk melaksanakan pekerjaannya. Jika ingin
mengembangkan program aplikasi sendiri, maka untuk menulis program aplikasi
tersebut, dibutuhkan suatu bahasa pemrograman, yaitu language software, yang
dapat berbentuk assembler, compiler ataupun interpreter. Jadi language software
merupakan bahasanya dan program yang ditulis merupakan program aplikasinya.

2.1.2 PARIWISATA
Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk
rekreasi atau liburan dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini.
Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling
tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakan
definisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia.

2.1.3 GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS)
2.1.3.1 SISTEM NAVIGASI GPS
GPS adalah sistem radio navigasi dan penentuan posisi dengan
menggunakan satelit navigasi yang dimiliki dan dikelola oleh Departemen
Pertahanan Amerika Serikat.

2.1.3.2 SEGMEN PENYUSUN SISTEM GPS
SistemGPS tediri atas tiga segmen utama, yaitu segmen angkasa (space
segment), segmen sistem kontrol (control system segment), dan segmen pengguna
(user segment).

2.1.3.3 SINYAL GPS
Sinyal GPS yang dipancarkan oleh satelit-satelit GPS menggunakan band
frekuensi L pada spektrum gelombang elektromagnetik. Setiap satelit GPS
memancarkan dua (2) gelombang pembawa yaitu L1 dan L2 yang berisi data kode
dan pesan navigasi.

2.1.3.4 PENENTU POSISI ABSOLUT DENGAN GPS
Penentuan posisi dengan GPS adalah penentuan posisi tiga dimensi yang
dinyatakan dalam sistem koordinat kartesian (X,Y,Z) dalam datum WGS (World
Geodetic System) 1984.



2.1.3.5 FORMAT DATA KELUARAN GPS
Receiver GPS memiliki format keluaran sebanyak lima (5) jenis yaitu
NMEA 0180, NMEA 0182, NMEA 0183, AVIATION, dan PLOTTING. Format
data tersebut ditetapkan oleh NMEA (National Maritime Electronic Association)
dan dapat dikoneksikan ke komputer melalui port komunikasi serial dengan
menggunakan kabel RS-232.

2.1.3.6 CARA KERJA GPS
Navigasi satelit didasarkan pada jaringan global satelit yang mengirimkan
sinyal radio di orbit bumi menengah. Pengguna Navigasi satelit paling akrab
dengan 24 Global Positioning System (GPS) satelit. Amerika Serikat, yang
mengembangkan dan mengoperasikan GPS, dan Rusia, yang mengembangkan
sistem serupa yang dikenal sebagai GLONASS, telah menawarkan sistem bebas
menggunakan masing- masing kepada masyarakat internasional.

2.1.4 LAYANAN BERBASIS LOKASI DAN PEMETAAN DI ANDROID
Fitur yang semakin terjangkau dan populer pada piranti bergerak adalah
kemampuan GPS. GPS memungkinkan piranti Anda memberitahu lokasi piranti
setiap saat. Fungsi utama GPS adalah untuk pemetaaan dan pencarian lokasi dan
arah, tapi dengan sedikit kreativitas, Anda bisa memanfaatkannya untuk hal lain,

2.2. ANDROID
2.2.1 PENGERTIAN ANDROID
Android adalah kumpulan perangkat lunak yang ditujukan bagi perangkat
bergerak mencakup sistem operasi, middleware, dan aplikasi kunci.3

2.2.2 SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ANDROID
Pada mulanya terdapat berbagai macam sistem operasi pada perangkat
selular, diantaranya sistem operasi Symbian, Microsoft Windows Mobile,
MobileLinux, iPhone, dan sistem operasi lainnya.

2.2.3 THE DALVIK VIRTUAL MACHINE (DVM)
Salah satu elemen kunci dari android adalah Dalvik Virtual Machine
(DVM). Android berjalan di Dalvik Virtual Machine (DVM) bukan di Java
Virtual Machine (JVM), sebernarnya banyak persamaan dengan Java Virtual
Machine (JVM) seperti Java ME (Java Mobile Edition), tetapi android
menggunakan Virtual Machine sendiri yang diskostumisasi dan dirancang untuk
3 Donald Fekker, 2011, h. 9 memastikan bahwa beberapa fitur-fitur berjalan lebih efisien pada perangkat mobile.






2.2.4 ANATOMI ANDROID
Dalam paket sistem operasi Android tediri dari beberapa unsur
sepertitampak pada gambar 2.3. Secara sederhana arsitektur Android merupakan
sebuahkernel Linux dan sekumpulan pustaka C / C++ dalam suatu framework
yangmenyediakan dan mengatur alur proses aplikasi.

2.2.5 KOMPONEN APLIKASI
Fitur penting Android adalah bahwa satu aplikasi dapat menggunakan
elemen dari aplikasi lain (untuk aplikasi yang memungkinkan).

2.2.6 TIPE APLIKASI ANDROID
Ada berbagai macam tipe aplikasi Android seperti Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, dan yang terbaru Lollipop.

2.2.7 SIKLUS HIDUP APLIKASI ANDROID
Siklus hidup aplikasi Android dikelola oleh sistem, berdasarkan kebutuhan
pengguna, sumberdaya yang tersedia, dan sebagainya.

2.1.8 GOOGLE MAP
Google Maps merupakan sebuah layanan peta dunia virtual berbasis web
yang disediakan oleh Google. Layanan ini gratis dan dapat ditemukan di

2.2.9 KELEBIHAN ANDROID
Sangat banyak kelebihan Android, seperti :

a.    Multitasking
b.    Akses mudah terhadap ribuan aplikasi Android lewat Google Play Store
c.    Pilihan Ponsel yang beraneka ragam.

2.3 iOS
2.3.1. PENGERTIAN iOS
iOS sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc.

2.3.2. SEJARAH DAN PERKEMBANGAN iOS
Sistem iOS diturunkan dari Mac OS X, yang oleh karenanya memiliki ciri sebagaimana sistem operasi Unix. Antarmuka iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung dengan gerakan multi-sentuh. Respon iOS atas input pengguna bersifat langsung dengan antarmuka yang mengalir halus.

2.3.3 KELEBIHAN iOS
Ada 4 hal yang membuat iOS lebih unggul dibanding Android, seperti :
a.    Kualitas Aplikasi
b.    Layanan Purna Jual
c.    Desain Hardware
d.    Perhatian Media


BAB III
METODE PENELITIAN

3.1. TEMPAT DAN WAKTU PENULISAN
Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan survey ke tempat-tempat dimana lokasi wisata di Indonesia berdasarkan hasil pencarian di internet berada sebagai pengumpulan data beserta gambar dokumentasi.

3.2. BAHAN DAN ALAT PENELITIAN
Bahan yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi seluler wisata dan kuliner di Indonesia ini adalah sebagai berikut:
1. BAHAN
            Spesifikasi bahan/data dalam penelitian ini yaitu semua data yang ada pada wisata di Indonesia yaitu berupa data kontak telepon, email, situs resmi, kemudian gambar dan kordinat lokasi.
2. ALAT
Kebutuhan perangkat keras dan perangkat lunak dalam penelitian:
a.         Hardware
1)            Komputer atau Laptop, Minimum hardware: 500 MHz, 512 MB RAM
b.         Software
11)    Sistem operasi Microsoft Windows 7 dan Linux Oneric ocelot
22)    Notepad ++.
33)    Web browser seperti: Firefox, Chrome, Safari.
44)    Dreamwever Cs 3.
55)  XAMPP sebagai perancangan basis data.
66)    Adobe Photoshop CS3 sebagai pendesainan iconnya.
77)    Visual Paradigm for UML 9.0 Enterprise Edition digunakan untuk perancangan system.
88)    PNGGauntlet dan Paint Sebagai editor dan kompresi poto atau gambar.
99)    Microsoft Office digunakan untuk membuat laporan.

3.3. METODE PENGUMPULAN DATA
11)    Studi Pustaka.
Mempelajari buku, artikel dan situs internet serta referensi lain yang terkait dengan Pembuatan Aplikasi seluler berbasis Android dan iOS.
22)    Survey / Observasi
Mungumpulkan data dengan cara pengamatan langsung terhadap semua kebutuhan yang diperlukan pada obyek penetian,tidak terkecuali hardware, software dan brainware yang mendukung Pembuatan Aplikasi seluler berbasis Android dan iOS.
33)    Wawancara / Interview
Melakukan tanya jawab secara langsung dengan pihak pengelola wisata terkait dengan Pembuatan Aplikasi lokasi wisata di Indonesia
44)    Dokumentasi / Kearsipan
Melakukan tanya jawab secara langsung dengan pihak pengelola wisata terkait dengan Pembuatan Aplikasi lokasi wisata di Indonesia.
55)    Dokumentasi / Kearsipan
Melakukan dokumentasi rencana kerja, dokumentasi kegiatan yang dikerjakan, dokumentasi hasil kerja (yang berhasil maupun error), dokumentasi hasil akhir bentuk dalam laporan ataupun aplikas yang siap digunakan.
4. IMPLEMENTASI
Bagian ini akan menjelaskan mengenai batasan implementasi, lingkungan
perangkat keras dan perangkat lunak, serta implementasi yang dilakukan
berdasarkan hasil pada tahap perancangan. Penjelasan pada subbab ini meliputi
lingkungan pengembangan yang digunakan, batasan implementasi dan proses
hasil implementasi.
4.1 LINGKUNGAN PENGEMBANGAN
Aplikasi ini dikembangkan dengan spesifikasi perangkat keras dan
perangkat lunak sebagai berikut :
4.1.1 SPESIFIKASI PERANGKAT KERAS
4.1.2 SPESIFIKASI PERANGKAT LUNAK
4.2 BATASAN IMPLEMENTASI
Batasan dalam melakukan implementasi aplikasi wisata Indonesia adalah
aplikasi akan berjalan minimal pada OS Android 2.2
4.3 IMPLEMENTASI KELAS
Setiap kelas pada aplikasi diimplementasikan dalam bahasa java, dimana
setiap kelas utama akan diimplementasikan dalam sebuah file. Kelas yang
diimplementasikan mengacu pada perancangan yang telah dilakukan.
4.4 IMPLEMENTASI DATABASE XML
4.5 IMPLEMENTASI ANTAR MUKA
4.5.1 ANTAR MUKA SPLASH
Tampilan awal dari aplikasi wisata Indonesia. Tampilan splash untuk beberapa detik sebelum masuk ke
tampilan depan.
4.5.2 ANTAR MUKA TAMPILAN DEPAN
Tampilan depan aplikasi wisata Indonesia. Pada tampilan ini terdapat button mulai jelajah Indonesia.
4.5.3 ANTAR MUKA MAINWISATA INDONESIA.
tampilan menu utama pada aplikasi wisata Indonesia. Antar Muka ini menampilkan tempat wisata Indonesia dalam bentuk Grid View.
4.5.4 ANTAR MUKA GALERI FOTO
Tampilan galeri foto tempat wisata sesuai yang telah dipilih pengguna ditampilan MainWisataIndonesia.
4.5.5 ANTAR MUKA RUTE WISATA
Tampilan rute wisata dari lokasi pengguna. Tampilan peta berikut merupakan tampilan dari google map.
4.5.6 ANTAR MUKA INFO WISATA
tampilan info tempat wisata sesuai yang telah dipilih pengguna di tampilan MainWisataIndonesia.
4.5.7 TAMPILAN ANTAR MUKA KALENDER ACARA
Tampilan kalender acara yang terdapat di Indonesia. Nama, tanggal dan tempo hari acara ditampilkan dalam list view.
4.5.8 ANTAR MUKA DESKRIPSI ACARA
Tampilan Deskrisi Acara yang sebelumnya telah dipilih pengguna di tampilan kalender acara.


DAFTAR PUSTAKA



Komentar

  1. titip proposal om
    http://aminmaulani.blogspot.co.id/2015/05/contoh-proposal-aplikasi-android-dan.html

    BalasHapus
  2. Nice infonya, mungkin untuk referensi lain bisa kunjungi situs ini http://pariwisata.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Surat Kecil Untuk Tuhan

Resensi Novel Assassin's Creed: Renaissance

Resensi Novel Bunga Cantik di Balik Salju